Nevi Zuairina Tantang UMKM Limapuluh Kota Akses Pasar Internasional

Rabu, 15 Maret 2023, 08:59 WIB | Bisnis | Kab. Lima Puluh Kota
Nevi Zuairina Tantang UMKM Limapuluh Kota Akses Pasar Internasional
Anggota DPR RI asal Sumatera Barat II, Hj Nevi Zuairina foto bersama dengan 100 orang peserta Sosialisasi dan Pelatihan BUMN untuk pelaku usaha UMKM di Limapuluh Kota, baru-baru ini.

LIMAPULUH KOTA (14/3/2023) - Anggota DPR RI asal Sumatera Barat II, Hj Nevi Zuairina menyampaikan perlunya kolaborasi antara BUMN dan UMKM untuk memperkuat ekonomi masyarakat.

"Dari seluruh sektor yang memberikan dampak signifikan dalam pembangunan nasional adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah," ungkap Nevi dihadapan 100 orang peserta Sosialisasi dan Pelatihan BUMN untuk pelaku usaha UMKM di Limapuluh Kota, baru-baru ini.

Dari data terakhir, ungkap Nevi, UMKM memiliki kontribusi sebesar 60,3% dari total produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Selain itu, UMKM menyerap 97% dari total tenaga kerja dan 99% dari total lapangan kerja.

"Sampai saat ini, setidaknya UMKM tercatat sebanyak 64,2 juta unit," ungkap Nevi.

Baca juga: 8 Rekomendasi Produk UMKM Paling Banyak Diminati! Cocok Untuk Ide Usaha di Rumah

Legislator asal Sumatera Barat II ini menjelaskan, pembangunan nasional bertujuan untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur yang merata antara material dan spiritual. Tentu berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merdeka, bersatu, dan berdaulat dalam suasana perikehidupan bangsa yang aman, tertib, dan dinamis dalam lingkungan yang merdeka, bersahabat, dan damai.

"Usaha Mikro, Kecil dan Menengah adalah salah satu pilar utama ekonomi nasional yang harus memperoleh kesempatan utama, dukungan, perlindungan dan pengembangan seluas-luasnya sebagai wujud keberpihakan yang tegas kepada kelompok usaha ekonomi rakyat, tanpa mengabaikan peranan Usaha Besar dan Badan Usaha Milik Negara," tegasnya.

"Sehingga, semua pihak harus mampu memberikan prioritas perhatian dalam urusan UMKM ini. Dan apalagi saat ini tengah dibangun upaya untuk mengkolaborasikan antara UMKM dengan BUMN - BUMN," tegas Nevi.

Politisi PKS ini meminta peserta sosialisasi, agar menyambut tantangan dan peluang UMKM untuk go Internasional adalah pembicaraan yang sangat menarik dan harus penuh dengan keoptimisan.

Baca juga: Pemilu 2024, Nasdem Pecah Telor, Langsung Rebut 2 Kursi di Dapil Sumbar I

Ia menekankan, agar semua orang yakin akan memiliki hak dan kesempatan yang sama. Apalagi saat ini revolusi digital informasi yang begitu eksponensial membuat siapa saja yang melek teknologi bisa mengakses pasar internasional.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: