Ini Sikap Politik PKS Padang Pascakalah di Pemilihan Wakil Wali Kota

Al Imran | Kamis, 06-04-2023 | 15:45 WIB | 550 klik | Kota Padang
<p>Ini Sikap Politik PKS Padang Pascakalah di Pemilihan Wakil Wali Kota<p>

Ketua PKS Padang, Muharlion didampingi Ja"far (sekretaris), Hendri Susanto (calon Wawako PKS) dan Djunaidy Hendri (ketua fraksi PKS) memberikan keterangan pers terkait selesainya pemilihan wakil wali kota di DPRD Padang, Kamis. (mangindo kayo)

"PKS telah berjuang maksimal dalam meraih simpati rekan-rekan DPRD Padang untuk mempercayakan kursi wakil wali kota pada Ustad Hendri Susanto. Namun, Pak Ekos Albar yang berhasil menuai simpati mayoritas anggota DPRD Padang 2019-2024," ungkap Muharlion dalam keterangan pers di Padang, Kamis siang.

Seiring selesainya pemilihan wakil wali kota, Muharlion berharap, pimpinan DPRD Padang segera memproses administrasi pemilihan.

Dengan begitu, bisa segera diajukan ke wali kota untuk kemudian diteruskan ke Mendagri melalui gubernur Sumbar, untuk dibuatkan surat keputusan (SK) sebagai wakil wali kota Padang terpilih, untuk masa jabatan yang berbilang bulan saja tersisa.


"Tantangan Kota Padang sangat berat kedepan. Jangan berlama-lama, dalam eforia kemenangan," harap Muharlion.

Pascakekalahan ini, Muharlion menegaskan, kader PKS akan bergerak mengetuk pintu-pintu rumah seluruh masyarakat Kota Padang, atas kegagalan merebut kepercayaan 36 anggota DPRD untuk mempercayakan amanah sebagai wakil wali kota.

"Dalam pemilihan di legislatif, kita akui telah kalah. Ini hal biasa dalam politik praktis," ungkap dia. "Jika pemilihan oleh rakyat, kita optimis akan mampu memenanginya," tambahnya.

Kini, terang Muharlion, PKS langsung bersiap di arena pemilihan langsung yang diawali dengan Pemilu Legislatif 2024 yang pencoblosannya digelar 20 Februari nanti.

"Kita juga telah menyiapkan tiga tokoh yang akan bertarung di Pilkada 2024 mendatang. Saat ini, namanya telah diajukan ke pengurus provinsi untuk dapat persetujuan DPP PKS," tegas Muharlion.

Dalam jumpa pers yang dipandu Sekretaris PKS Padang, Ja'far itu, juga hadir Ketua Fraksi PKS DPRD Padang, Djunaidy Hendri serta Hendri Susanto (calon Wawako usulan PKS).

Sementara, Djunaidy mengingatkan Hendri Septa yang kini telah memiliki wakil, Ekos Albar, tidak semata fokus pada program unggulan (Progul) sebagaimana tertuang dalam RPJMD Padang.

Dinamika pembangunan di Kota Padang, terangnya bergerak sangat cepat. Masalah-masalah aktual itu, juga harus segera dicarikan solusinya.

Seperti, banjir yang sudah menahun. Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang masih jauh dari potensi.

Kemudian, pendapatan daerah yang terus mencatatkan angka minus ratusan miliar setiap tahunnya, sejak dua tahun terakhir. Juga masalah guru honorer yang masih belum tuntas kejelasan statusnya.

"Kita berharap, Ekos Albar segera beradaptasi dengan Hendri Septa dan kabinet yang ada, dalam upaya percepatan pembangunan," harap Djunaidy.

Sedangkan Hendri Susanto mengucapkan terimakasih pada para wakil rakyat di DPRD Padang, yang telah terlibat aktif dalam menyukseskan agenda pemilihan calon wakil wali kota.

"Kalah atau menang, itu hal biasa. Itu bagian dari proses yang harus dilewati. Tak perlu baper (bawa perasaan-red) pula," ungkap dia. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar