Jalinsum Padang-Bukittinggi jadi Satu Arah Selama Libur Lebaran 1444H, Ujicoba Digelar 4 Jam

Minggu, 09 April 2023, 18:11 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Jalinsum Padang-Bukittinggi jadi Satu Arah Selama Libur Lebaran 1444H, Ujicoba Digelar 4...
Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi melepas bendera sebagai tanda dimulainya ujicoba kebijakan jalan satu arah di Jalinsum Padang-Bukittinggi mulai dari Sicincin hingga perempatan Pasar Padang Luar, Sabtu siang. (humas)

PADANG PARIAMAN (8/4/2023) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menyatakan, kebijakan jalan satu arah Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Padang-Bukittinggi mulai dari Sicincin hingga perempatan Pasar Padang Luar, telah melalui kajian dengan seluruh stakeholder terkait.

Seperti, Dinas Perhubungan baik di provinsi maupun kabupaten serta Ditlantas Polda Sumbar. Kebijakan ini dilakukan untuk mengatur dan mengendalikan lalu lintas antara Padang-Bukittinggi terutama untuk mengurangi kepadatan di jalur tersebut.

"Denganuji coba ini, jalur padat Padang-Bukittinggi bisa membuat waktu tempuhnya jadi berkurang. Ini juga untuk mengantisipasi lonjakan perantau yang pulang kampung," kata Mahyeldi sebelum uji coba dimulai.

Ujicoba ini digelar Sabtu pukul 12.00 WIB. Berakhir pukul 16.00 WIB atau selama 4 jam.

Baca juga: 7 Bulan Menjabat, Zefnihan Digantikan Fauzan Hasan jadi Pj Wali Kota Sawahlunto, Ini Pesan Mahyeldi

Mahyeldi berharap, dengan uji coba ini, dapat memberikan manfaat dan memberikan pelayanan yang lebih baik dan aman bagi pengguna jalan raya.

"Kami berharap pengendara mematuhi apa yang sudah diarahkan. Ini untuk kebaikan kita semua," ujarnya.

Sebelum uji coba dimulai, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sumbar, Kombes Pol Hilman Jaya juga memberikan keterangan bahwa kendaraan dari Bukittinggi menuju Padang sudah dialihkan ke jalur Malalak agar tidak bertabrakan dengan kendaraan dari bawah (Sicincin - Bukittinggi).

Sejumlah petugas dari tim gabungan juga disiagakan di Simpang Tiga Sicincin, Padang Pariaman.

Baca juga: Libur Lebaran 2024, Program Desa Wisata Dongkrak Angka Kunjungan Wisatawan

"Dimulai pukul 12.00 WIB, namun untuk kendaraan dari Bukittinggi menuju Padang sudah kita stop dan dialihkan ke jalur Malalak agar tidak bertabrakan dengan kendaraan dari bawah (Sicincin-Bukittinggi)," ujar Kombes Hilman Jaya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: