Roadshow #SupportAllWoman, Upaya Biofarma Tingkatkan Kesadaran Deteksi Dini Kanker Serviks

Selasa, 18 April 2023, 13:12 WIB | Gaya Hidup | Nasional
Roadshow #SupportAllWoman, Upaya Biofarma Tingkatkan Kesadaran Deteksi Dini Kanker Serviks
Peserta roadshow #SupportAllWoman "Influencer Intimate Gathering" yang diselenggarakan di Atrium Paskal Hyper Square Bandung, Kamis 14 April 2023, foto bersama dengan narasumber Ketua POGI Jawa Barat, Dr. dr. RM. Sonny Sasotya, Sp.O.G. (istimewa)

JAKARTA (18/4/2023) -- Kejadian kanker serviks dapat diturunkan melalui deteksi dini. Deteksi dini kanker serviks penting dilakukan karena mampu menurunkan angka kematian secara drastis, selain itu juga mencegah kanker serviks berkembang ke tahap yang lebih berat.

Kanker Serviks menempati urutan kedua dengan jumlah 36.633 kasus atau 9,2% dari total kasus kanker di Indonesia (data dari laman web kementerian kesehatan).

"Kesadaran para wanita untuk melakukan deteksi dini perlu ditingkatkan," ungkap Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir tentang Roadshow #SupportAllWoman "Influencer Intimate Gathering" yang digelar Biofarma.

Rodshow #SupportAllWoman ini digelar di Medan, Bandung, Surabaya, Semarang, Bali dan beberapa kota besar lainnya. Tujuannya, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya para wanita agar lebih peduli akan bahaya kanker serviks dan memperkenalkan metode skrining kanker serviks.

Baca juga: Bio Farma Nobatkan Yulistra Ivo jadi Duta Kanker Servik Kalimantan Tengah

Sebagai bagian dari program roadshow, Bio Farma bekerja sama dengan Bandung Communication & Community.

Kegiatan roadshow yang diselenggarakan di Atrium Paskal Hyper Square Bandung pada Kamis 14 April 2023 ini diisi dengan edukasi kanker serviks dengan Tema "Cegah Kanker Serviks dengan Deteksi Dini menggunakan Metode Urine Tes", dengan menghadirkan narasumber Ketua POGI (Perkumpulan Obsterti dan Genekologi Jawa Barat), Dr. dr. RM. Sonny Sasotya, Sp.O.G.

Acara tersebut bertujuan untuk memberi edukasi para Influencer wanita untuk peduli akan bahaya kanker serviks dan memperkenalkan metode skrining kanker serviks dengan harapan informasi yang diberikan akan kembali disosialisasikan oleh para influencer ke masyarakat luas.

Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir menyampaikan bahwa kegiatan ini diadakan untuk menyadarkan para perempuan bahwa pentingnya untuk melakukan deteksi dini kanker serviks.

Baca juga: Perusahaan Farmasi Amerika Lakukan Technical Visit ke Bio Farma, Ini Kata Honesti Basyir

"Seperti kita ketahui, di Indonesia kanker serviks menempati urutan kedua kanker terbanyak setelah kanker payudara. Kanker biasanya diketahui atau ditemukan pada stadium lanjut sehingga pengobatan yang dilakukan lebih kompleks, maka dari itu deteksi dini ini sangat penting sekali bagi perempuan agar virus penyebab kanker serviks dapat terdeteksi sedini mungkin," ungkap Honesti.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: