Gubernur Sumbar Didemo, AJI Padang: Sudah Banyak Insiden Pemprov Lecehkan Wartawan

Rabu, 10 Mei 2023, 20:01 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Gubernur Sumbar Didemo, AJI Padang: Sudah Banyak Insiden Pemprov Lecehkan Wartawan
Ketua Forum Wartawan Parlemen (FWP) Sumbar, Novrianto berorasi di depan kantor Gubernur Sumbar, Jl Sudirman Padang, pada aksi demo terkait pengusiran wartawan saat pelantikan Wawako Padang, Rabu siang.

PADANG (10/5/2023) - Dengan mengendarai sepeda motor dan dikawal pihak kepolisian, ratusan wartawan cetak, elektronik dan onlie, bergerak ke kantor gubernur Sumbar dari kantor PWI Sumbar, Jl Bagindo Azis Chan, Rabu sekitar pukul 14.00 WIB.

Bergeraknya wartawan Sumbar ini, ekses dari pengusiran yang terjadi saat peliputan pelantikan Wakil Wali Kota Padang, di auditorium istana gubernur, Selasa sore.

Sesampainya di kantor gubernur Sumbar, mereka melakukan orasi, menabur bunga hingga melepas kartu pers sebagai bentuk aksi protes terhadap pengusiran itu.

"Kami menuntut keadilan atas insiden pengusiran wartawan saat peliputan pelantikan wakil wali kota Padang di auditorium Gubernur Sumbar kemarin," kata Ketua AJI Padang, Aidil Ichlas dalam orasinya.

Baca juga: Wawako Padang Dilantik: Anak Buah Mahyeldi Usir Belasan Jurnalis, 4 Organisasi Profesi Wartawan di Sumbar Layangkan Protes

Aidil menyebut, aksi demo wartawan dari seluruh daerah di Sumbar itu adalah bentuk kemarahan wartawan atas tindakan Pemprov Sumbar selama ini.

"Sudah banyak insiden yang melecehkan wartawan. Ingat kita dulu dilarang wawancara oleh ajudan gubernur. Lalu berita kita dibilang hoaks oleh gubernur dan sekarang kita diusir dalam peliputan," kata Aidil.

Sementara, Ketua Forum Wartawan Parlemen (FWP) Sumbar, Novrianto menyebut, tindakan pengusiran wartawan adalah bentuk pelanggaran terhadap Pasal 18 Undang-Undang Pers yang bisa dipidana 2 tahun penjara.

"Hari ini kita datang untuk menuntut keadilan. Selesai aksi demo ini kita akan membuat laporan polisi terhadap dugaan pidana pelanggaran UU Pers," kata Novrianto.

Baca juga: AJI Padang Kupas Fenomena Kerawanan Keamanan Digital di Tahun Pemilihan

Sementara orator lainnya, Rahmatul Akbar menyebutkan, pers Sumbar akan mengawal kasus dugaan pidana pelanggaran UU Pers tersebut.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: