24 Homestay di Agam Miliki Sertifikat CHSE, Ini Harapan Andri Warman

Selasa, 16 Mei 2023, 16:45 WIB | Wisata | Kab. Agam
24 Homestay di Agam Miliki Sertifikat CHSE, Ini Harapan Andri Warman
Bupati Agam, Andri Warman memasangkan tanda peserta pelatihan pengelolaan homestay, di Tabek Pamandian Sikabu, Kecamatan IV Koto, Senin. (humas)

AGAM (15/5/2023) -- Bupati Agam, Andri Warman mengatakan, Kabupaten Agam adalah daerah terbanyak yang memiliki sertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability) di Sumatera Barat.

"Asosiasi Homestay di Kabupaten Agam miliki 69 anggota, 24 di antaranya telah memiliki sertifikat CHSE," sebut Andri Warman saat membuka pelatihan pengelolaan homestay, di Tabek Pamandian Sikabu, Kecamatan IV Koto, Senin.

Dikatakan, homestay jadi kekuatan pariwisata yang perlu diperhitungkan, karena pengelolaannya berbasis masyarakat lokal.

Apalagi Kabupaten Agam punya daya tarik pariwisata yang besar. Salah satunya dibuktikan baru-baru ini, Kemenparekraf menetapkan Lawang Kecamatan Matur masuk 75 besar Desa Wisata terbaik, pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Baca juga: Ribuan Warga Balingka Meriahkan Hiburan KIM, Isra: Terima Kasih Pak Karni Ilyas

Dengan begitu, akan banyak wisatawan yang berkunjung ke Agam, sehingga Andri Warman minta pengelola homestay dapat menangkap peluang ini bagaimana tamu bisa betah dan menginap.

"Maka kita pandang pengelola homestay perlu diberi pelatihan, untuk mengetahui dan memahami karakteristik pelayanan homestay yang akan diberikan pada tamu," katanya.

Dengan harapannya, peserta pelatihan dapat memahami standar homestay yang berlaku dan mampu menjadi pengelola homestay profesional.

Bahkan, menurutnya, peserta juga dapat mengetahui kelebihan serta kekurangan dalam segi pelayanan, fasilitas, pengelolaan administrasi, keuangan dan tindak lanjut apa yang akan dilakukan dalam upaya perbaikan ke depan.

Baca juga: Bupati Agam Gelar Open House Kedua di Mess Belakang Balok

"Pelatihan ini perlu dievaluasi dan pendampingan, agar betul-betul berikan dampak positif dalam pemantapan pengelolaan usaha homestay ke depan," kata Andri Warman.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: