18 Pasangan dari Kecamatan Padang Timur Ikuti Nikah Massal

Rabu, 17 Mei 2023, 11:45 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
18 Pasangan dari Kecamatan Padang Timur Ikuti Nikah Massal
Wali Kota Padang, Hendri Septa didamping Asisten 1 Edi Hasymi dan Camat Padang Timur Siska Meilani melepas arak-arakan pengantin yang mengikuti Program Nikah Massal, Selasa. (very rikiyanto)

PADANG (16/5/2023) - Suasana meriah mengiringi pelepasan 18 Pasang "pengantin baru," yang baru saja mengikut program Nikah Massal yang diadakan Kecamatan Padang Timur, Selasa.

Dengan menaiki mobil hias, mereka dilepas langsung oleh Wali Kota Padang, Hendri Septa, untuk kemudian diarak mengelilingi komplek perumahan di kawasan Kelurahan Marapalam Kecamatan Padang Timur.

Pada kesempatan ini, Hendri juga menyerahkan dokumen kependudukan berupa buku nikah, KTP dan KK berisi data-data yang telah diperbaharui.

Camat Padang Timur, Siska Meilani menjelaskan, kegiatan ini merupakan puncak dari serangkaian program Nikah Massal yang telah dicanangkan oleh Kecamatan Padang Timur beberapa waktu yang lalu.

Baca juga: Arif Kurnia Serasa Bermimpi Bisa Tidur di Rumah Wali Kota Padang

Ia menjelaskan, program Nikah Massal ini ditujukan pada pasangan-pasangan yang selama ini telah menikah secara agama, namun belum tercatat atau belum disahkan secara hukum (nikah siri).

"Setelah mengikuti program ini maka status pernikahan mereka akan diakui dan sah secara hukum, nanti di KK akan tertulis kawin tercatat," kata Siska Meilani.

Sebelumnya, lanjut dia, ada sekitar 38 pasang yang mendaftar untuk mengikuti program ini, namun setelah diseleksi, termasuk dengan kelengkapan dokumen, tersisa 18 pasang yang bisa untuk dinikahkan kembali.

Program Nikah Massal ini, menurut Siska, adalah sebagai upaya membantu warga dalam menertibkan administrasi kependudukan, serta memberikan status hukum yang jelas terhadap perkawinan mereka. (vri)

Baca juga: Wali Kota Padang Serahkan Bantuan Paket Sembako Bagi Warga Kecamatan Padang Selatan

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: