Enam Bandara AP II Jadi Embarkasi, Layani 44 Persen Kloter Haji Indonesia

Kamis, 18 Mei 2023, 14:01 WIB | News | Nasional
Enam Bandara AP II Jadi Embarkasi, Layani 44 Persen Kloter Haji Indonesia
Apron terminal BIM.

JAKARTA (18/5/2023) - President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengungkapkan, musim haji tahun 2023 ini, sebanyak 6 bandara dibawa AP II akan jadi embarkasi untuk 236 kloter periode Mei hingga Augustus 2023.

"AP II melayani 236 kloter atau 44 % dari total kloter di Indonesia pada periode Haji 1444 H/2023 M. Total, jemaah haji yang berangkat melalui 6 bandara di lingkungan AP II adalah sebanyak 91.358 jemaah atau sekitar 44% dari total jemaah di Indonesia yang berangkat pada tahun ini," jelas Muhammad Awaluddin dalam keterangan pers yang diterima Kamis.

Bandara di lingkungan AP II yang melayani penerbangan haji:

  1. Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang)
  2. Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang)
  3. Bandara Minangkabau (Padang)
  4. Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh)
  5. Bandara Kertajati (Majalengka)
  6. Bandara Kualanamu (Medan).

Melancarkan agenda besar ini, ungkap Muhammad Awaluddin, koordinasi telah dilakukan dengan berbagai pihak guna memastikan kelancaran keberangkatan dan kepulangan jemaah haji.

"Koordinasi dilakukan dengan seluruh stakeholder antara lain Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, Kementerian Agama, Kantor Imigrasi, Bea dan Cukai, TNI, Polri, AirNav Indonesia, maskapai dan ground handling," ungkapnya.

Baca juga: Angkasa Pura II Serahkan Bantuan Kemanusian untuk Korban Banjir Padang Pariaman dan Pesisir Selatan

"Tujuannya, agar keberangkatan jemaah ke Tanah Suci dapat dilakukan dengan baik, mulai dari asrama haji hingga ke bandara AP II untuk kemudian berangkat ke Tanah Suci," tambah Muhammad Awaluddin.

Seluruh fasilitas pelayanan dan operasional, terang dia, dipastikan baik untuk melayani penerbangan haji. Koordinasi erat juga dilakukan di antara seluruh stakeholder di bandara-bandara AP II.

"Kami optimistis penerbangan haji 2023 ini dapat berjalan dengan baik dan lancar di bandara AP II untuk mengantarkan jemaah haji beribadah di Tanah Suci," ujar Muhammad Awaluddin. (kyo)

Baca juga: 50 UMKM Padang Pariaman Ikuti Pelatihan Pengolahan Cokelat, Difasilitasi TJSL PT AP II

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: