Pemkab Pessel Lounching Pronasa untuk Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Selasa, 23 Mei 2023, 11:04 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
Pemkab Pessel Lounching Pronasa untuk Tingkatkan Kualitas Pendidikan
Bupati Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat Rusma Yul Anwar saat lounching Program Nagari Bersekolah di Painan, Senin (22/05/2023). Foto: Prisman Brama Putra

PESISIR SELATAN (23/05/2023) - Dalam mencapai Misi ke 5 RPJMD Pesisir Selatan yaitu mewujudkan pendidikan yang berkualitas untuk menghasilkan sumber daya manusia yang beriman, kreatif dan berdaya saing.


Untuk mencapai misi ke 5 tersebut Bupati Pesisir Selatan menggulirkan suatu inovasi pendidikan yaitu Program Nagari Bersekolah (Pronasa).

Bupati Rusma Yul Anwar menyampaikan pada hakekatnya upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM yang Kompetitif, mempunyai Kreatifitas dan berdaya saing baik dalam dunia pendidikan maupun di lapangan kerja.

"Cita-cita ini kami amanatkan pada insan pendidikan khusus para guru, tenaga pendidik maupun kependidikan untuk dapat mewujudkan sebagai investasi bagi pembangunan SDM yang produktif secara sosial dan ekonomi," kata Bupati saat Melouching Pronasa di Gedung PCC Painan, Senin.

Baca juga: Libur Lebaran 2024, Program Desa Wisata Dongkrak Angka Kunjungan Wisatawan

Dijelaskan,melalui Program Nagari Bersekolah itu dikembangkan potensi siswa pada berbagai bidang seperti olahraga dengan berbagai cabang olahraga yang diminati siswa.


Pengembangan seni budaya dan pembinaan Imtaq (Tahfidz Al Quran, subuh berjamaah dan magrib mengaji), sains dan literasi.

"Kegiatan pembinaan Tahfidz Al Quran, subuh berjamaah dan magrib mengaji didampingi oleh guru yang berkompeten. Guru ini berasal dari sekolah dan masyarakat. Dalam pelaksanaannya, dipastikan memiliki kurikulum yang sesuai dengan level siswa," jelasnya.

Baca juga: PILKADA PESSEL: KPU Rekrut 75 Orang Calon PPK

Kata Bupati, Pendidikan menjadi fokus utama Pemerintah Pesisir Selatan, di samping kesehatan sarana dan prasarana jalan kita mengalokasikan sebagian besar APBD yang kita miliki untuk peningkatan SDM.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: