KPU Sumbar Periode 2023-2028 Dilantik, Surya Efitrimen jadi Ketua

Kamis, 25 Mei 2023, 06:32 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
KPU Sumbar Periode 2023-2028 Dilantik, Surya Efitrimen jadi Ketua
Lima orang komisioner KPU Sumbar periode 2023-2028 bersama Firman (Sekretaris KPU Sumbar) dan Sutrisno (Kasubag Teknis KPU Sumbar) usai pelantikan di lantai II kantor KPU RI, Rabu.

PADANG (25/5/2023) -- Ketua KPU RI, Hasyim Asyari melantik lima orang komisioner KPU Sumbar periode 2023-2028 di Jakarta, Rabu. Pelantikan ini berbarengan dengan 101 komisioner dari 19 provinsi lainnya di Indonesia.

Usai dilantik, lima komisioner KPU Sumbar menyepakati Surya Efitrimen sebagai ketua periode 2023-2028 dengan mekanisme pemilihan. Sebelumnya, Surya Efitrimen merupakan komisioner Bawaslu Sumbar dua periode, 2013-2023.

Pada pesan pelantikannya, Hasyim mengawali dengan mengajak anggota KPU provinsi yang baru dilantik untuk meresapi makna sumpah/janji yang telah dibacakan.

Menurutnya sumpah/janji yang telah diucapkan bukan hanya sekadar untuk diri sendiri, tapi juga disaksikan oleh masyarakat luas, keluarga, rakyat Indonesia, dan juga disaksikan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

Baca juga: Pemilu 2024; 4 Caleg DPD Peraih Suara Terbanyak di Sumbar Jauh Lebihi Perolehan Suara Ganjar-Mahfud

"Oleh karena itu segenap isi di dalam sumpah/janji yang barusan saudara bacakan itu menjadi penghayatan pedoman pegangan kita dalam melaksanakan tugas kepemiluan di KPU provinsi pada masa mendatang," ujar Hasyim.

Selanjutnya Hasyim berpesan, agar anggota yang baru dilantik memegang teguh aturan perundangan, kode etik dan bekerja professional.

Selain itu agar anggota KPU provinsi yang baru dilantik mempedalam pengetahuan kepemiluan selain pengalaman.

"Kami di dalam membuat penilaian ketika seleksi boleh dikatakan untuk skor pengalaman lebih tinggi daripada pengetahuan karena kami berpandangan bahwa teman-teman yang punya pengalaman pastilah punya pengetahuan, tapi belum tentu punya pengetahuan punya pengalaman," kata Hasyim.

Baca juga: Pemilu 2024 DPR RI Dapil 2 Sumatera Barat, PKS Pemenang, Caleg Suara Terbanyak Arisal Azis, Ungguli Para Petahana

Hasyim juga berpesan, agar KPU Provinsi yang dilantik cepat beradaptasi dengan tahapan yang telah berjalan, menyamakan visi misi sesama anggota dan sekretariat serta menjalin hubungan yang baik, internal maupun eksternal.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: