Guru Kadukan Soal Pentingnya Perlindungan Hukum ke Supardi

Kamis, 25 Mei 2023, 23:41 WIB | Kabar Daerah | Kota Payakumbuh
Guru Kadukan Soal Pentingnya Perlindungan Hukum ke Supardi
Ketua DPRD Sumbar, Supardi saat menghadiri pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Digitalisasi bagi di Kota Payakumbuh pada 22-25 Mei 2023 di Hotel Pusako Bukittinggi. (humas)

BUKITINGGI (25/5/2023) -- Ketua DPRD Sumbar, Supardi mengungkapkan, karakter anak itu terbentuk oleh beberapa faktor, termasuk kepedulian orang tua.

"Pada saat saya sekolah di akhir tahun 1990-an, memang terasa sopan santun terhadap guru. Namun, sekarang hal itu telah berkurang," ungkap Supardi saat memberikan arahan pada Bimbingan Teknis (Bimtek) Digitalisasi pada 22-25 Mei 2023 di Hotel Pusako Bukittinggi.

Bimtek ini diikuti 100 orang guru Sekolah Menengah Atas (SMA) Kota Payakumbuh. Kegiatan ini merupakan program Dinas Pendidikan Sumatera Barat yang dilaksanakan melalui anggaran pokok-pokok pikiran (Pokir) Ketua DPRD Sumbar, Supardi.

Sekarang ini, kata dia, telah memasuki kurikulum merdeka belajar. Penekanan kurikulum ini, bagaimana anak bisa mandiri belajar dan guru-guru tidak hanya sebagai sumber ilmu, tapi juga sebagai mediator dan fasilitator untuk anak.

Baca juga: Pansus LKPj Kepala Daerah DPRD Solsel Kunjungan ke DPRD Provinsi, Ini Kata Sekwan

"Kemandirian itu membutuhkan kecerdasan dan kemampuan guru. Bimtek digitalisasi ini akan jadi salah satu persyaratan dalam meningkatkan kualitas kemandirian guru menghadapi kurikulum merdeka ke depan," terangnya.

Disebut Supardi, agar ada folow up dari apa yang dilaksanakan, ia bersama Dinas Pendidikan terus memantau perkembangan guru-guru yang telah mengikuti Bimtek tersebut.

Dia menyampaikan, dalam upaya untuk menuju perubahan, semuanya pasti butuh proses. Hal ini, menurut dia, tak hanya bisa dilakukan oleh guru-guru tapi, juga kepala sekolah.

Sebab, hebat pun guru, kalau kepala sekolah tidak terus meningkatkan kemampuan, hasilnya juga tak akan sesuai dengan yang diharapkan.

Baca juga: Safari Ramadhan di Kambang Barat, Zarfi Deson Ajak Masyarakat Kembali Bersatu Pasca Pemilu 2024

"Panglima perang di dunia pendidikan itu bukanlah dinas atau Kacabdin, tapi ada di sekolah masing-masing dalam hal ini dikomandoi kepala sekolah," ungkap dia.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: