Wujudkan Payakumbuh jadi Smart City Bidang Pendidikan, Ini Kontribusi Supardi

Sabtu, 27 Mei 2023, 19:30 WIB | Kabar Daerah | Kota Payakumbuh
Wujudkan Payakumbuh jadi Smart City Bidang Pendidikan, Ini Kontribusi Supardi
Ketua DPRD Sumbar, Supardi saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Creative Learning in Digital Age tahap III, di Bukittinggi, Jumat malam. (humas)

PAYAKUMBUH (26/5/2023) - Ketua DPRD Sumbar, Supardi menilai, sebagai kota non-industri, Payakumbuh bisa berkembang dengan memaksimalkan potensi sumber daya manusia (SDM).

"Payakumbuh adalah satu sentra ekonomi kreatif berbasis digital di Sumbar. Situasi positif ini mesti terus didorong dengan melahirkan lebih banyak lagi generasi muda yang kreatif lewat sistem pendidikan berbasis digital," ungkap Supardi saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Creative Learning in Digital Age tahap III, di Bukittinggi, Jumat malam.

Bimtek ini digelar di Ballroom Pusako Hotel, Bukittinggi dan akan berlangsung hingga 29 Mei 2023. Kegiatan ini merupakan upaya mewujudkan percepatan digitalisasi di dunia pendidikan, khususnya di Kota Payakumbuh.

Mewujudkan target itu, sejak tahun lalu, Supardi yang memiliki visi menjadikan Payakumbuh sebagai Kota Pendidikan Berbasis Digital, mengajak Dinas Pendidikan Sumbar untuk membangun Payakumbuh sebagai Smart City.

Baca juga: BANJIR PESSEL: PKPS Payakumbuh/Limapuluh Kota Bantu Puluhan Paket Sembako

Dalam dua tahap Bimtek yang telah dilakukan tahun sebelumnya, ratusan guru SMA/SMK sederajat se-Kota Payakumbuh telah memperoleh manfaat dari Bimtek Creative Learning in Digital Age itu.

Pada tahap sebelumnya, para guru SMA dan SMK se-Kota Payakumbuh difasilitasi agar mampu merancang bahan ajar berbasis digital, seperti bahan dalam bentuk audio-visual.

Lebih jauh, Supardi punya mimpi bahwa Payakumbuh bisa melahirkan generasi kreator dan inovator.

"Mari kita dorong siswa agar menjadi pencipta, kreator, penghasil sesuatu yang baru, penemu mesin-mesin baru yang belum pernah terpikirkan sebelumnya," ujarnya.

Baca juga: Kenangan di Pasa Pabukoan Payakumbuh Hentikan Perjalanan Supardi menuju Lokasi Safari Ramadhan

Saat ini, Payakumbuh tengah jadi pilot project Kota Pendidikan Berbasis Digital di Sumatera Barat.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: