Sumatera Waspada Kabut Asap, Titik Api Meningkat

Minggu, 28 Februari 2016, 14:59 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Sumatera Waspada Kabut Asap, Titik Api Meningkat
Ilustrasi

VALORAnews---Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendeteksi 6 titik panas (hotspot) di kawasan hutan di Sumbar. Titik api itu terdeteksi di hutan Kabupaten Pasaman Barat.

Dari data yang dilansir Pusdalops PB Sumbar, hotspot di Sumbar berada di hutan Sungai Beremas, Lembah Malintang dan Talamau.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyebut, sedikitnya ada 69 hotspot yang terdeteksi di kawasan hutan Sumatera.

"Titik panas terbanyak berada di Riau dengan jumlah 27 titik, Bengkalis 18 titik, Sumut 10 titik dan Aceh 6 titik. Itu hasil pantauan satelit Modis dengan sensor Terra dan Aqua per 27 Februari 2016," kata Sutopo dalam siaran persnya, Minggu (28/2/2016).

Baca juga: Ini Tiga Poin Imbauan Disdikbud Agam Terkait Kabut Asap

Meningkatnya jumlah hotspot tersebut, potensi sebaran kabut asap bisa kembali meningkat. Terlebih lagi cuaca di Indonesia bagian barat memasuki musim kemarau.

Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang merilis, angin secara umum dari arah utara sampai ke timur dengan kecepatan 5-20 knot/jam. Sedangkan suhu udara tercatat 31-34 derajat celcius dengan kelembaban 93-98 persen.

"Pada umumnya cuaca di wilayah Riau Cerah hingga Berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan tidak merata dan bersifat lokal terjadi di wilayah Riau bagian utara, barat, dan selatan pada siang atau sore hari," rilis BMKG. (lok)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: