Rektor Unitas Audiensi dengan Ketua DPRD Sumbar: Bangun Daerah, Hendra: Potensi Perguruan Tinggi Belum Dimanfaatkan

Jumat, 23 Februari 2018, 20:21 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Rektor Unitas Audiensi dengan Ketua DPRD Sumbar: Bangun Daerah, Hendra: Potensi Perguruan...
Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim foto bersama dengan Rektor Unitas Padang, Ediwirman dan jajaran, usai audiensi di ruang rapat ketua DPRD, Rabu (21/2/2018). (istimewa)

VALORAnews - Ketua DPRD Sumatera Barat, Hendra Irwan Rahim menerima Rektor Universitas Taman Siswa (Unitas), Dr Ediwirman beserta jajaran di ruang kerjanya, Rabu (21/2/2018). Di kesempatan itu, Hendra mengungkapkan, Sumatera Barat memiliki banyak perguruan tinggi dengan berbagai jurusan yang bisa bersinergi dengan program pembangunan daerah.

"Dengan menggandeng perguruan tinggi melalui kerjasama, konsep pembangunan daerah dapat terprogram dengan baik," kata Hendra.

Hendra menambahkan, dengan memiliki banyak perguruan tinggi, jadi sebuah keuntungan bagi Provinsi Sumatera Barat serta pemerintah kabupaten dan kota. Melalui sebuah formulasi kerjasama, pemprov dan pemkab atau pemko, bisa memanfaatkan keberadaan perguruan tinggi dalam mendorong percepatan program pembangunan di daerah masing-masing.

"Keberadaan perguruan tinggi ini menjadi peluang yang mestinya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh kepala daerah," lanjutnya.

Baca juga: Hendra Irwan Rahim: Peredaran Narkoba harus Diantisipasi sejak Dini

Menurutnya, perguruan tinggi memiliki berbagai program studi dan jurusan seperti pertanian, peternakan, perikanan, pariwisata dan sebagainya. Melalui sebuah kerjasama, program pembangunan pemerintah daerah dapat memanfaatkan teknologi terapan yang dimiliki perguruan tinggi untuk menyusun konsep pembangunan.

Hendra menyatakan, akan sangat mendukung kerja sama yang dibangun pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten dan kota untuk menerapkan teknologi dan memanfaatkan sumber daya manusia di perguruan tinggi dalam menyusun konsep pembangunan daerah.

Sementara, Rektor Unitas, Dr Ediwirman berharap, perguruan tinggi bisa diikutkan dalam kontribusi keilmuan bagi daerah. Unitas, terangnya, memiliki belasan doktor dengan berbagai disiplin ilmu yang bisa diberdayakan pemerintah daerah.

"Kita siap menjalin kerjasama guna menerapkan ilmu dan teknologi yang dimiliki serta memasukkan pemikiran-pemikiran konstruktif untuk membangun daerah," terangnya.

Baca juga: Hendra Irwan Rahim: Koperasi itu Enak Dibicarakan, Susah Dilaksanakan

"Sampai kini, Unitas telah menjalin kerjasama dengan beberapa daerah kabupaten dan kota serta pemerintah provinsi, namun masih dalam skala kecil. Ke depan, kami siap menjalin kerjasama dalam skala lebih besar dan lebih luas lagi," harapnya. (rls)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: