Articulate Storyline, Sebagai Aplikasi Pembuatan Bahan Ajar Elektronik

*Nyswatul Khair SPd

Senin, 29 Maret 2021 | Opini
Articulate Storyline, Sebagai Aplikasi Pembuatan Bahan Ajar Elektronik
Nyswatul Khair SPd - Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Fisika UNP

Kehidupan new normal yang kita jalani saat ini, merupakan cara untuk bertahan di masa pandemi Covid-19. Pandemi ini sangat berdampak disetiap sendi kehidupan masyarakat termasuk pendidikan. Kehidupan new normal dibidang pendidikan membuat pendidik mencari jalan atau metode baru dalam mengajar. Metode yang diusulkan yaitu pembelajaran daring. Pelaksanaan pembelajaran daring ini membuat pendidik mau tidak mau harus menguasai teknologi dalam pembelajaran.

Teknologi yang tersedia saat ini sudah sangat beragam. Bagi pendidik teknologi bisa digunakan untuk membuat sebuah bahan ajar yang bisa digunakan secara daring. Sudah banyak aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat bahan ajar.

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan yaitu articulate storyline. Sudah banyak yang mengatakan bahwa penggunaan aplikasi articulate storyline dalam membuat bahan memberikan manfaat yang besar. Namun masih banyak yang belum mengenal apa itu aplikasi articulate storyline.

Bagi sebagian pendidik di Indonesia aplikasi ini masih tergolong baru. Dan informasi mengenai aplikasi articulate storyline belum digunakan oleh sebagian pendidik untuk membuat sebuah media pembelajaran.

Sebenarnya apa itu aplikasi articulate storyline? Articulate storyline merupakan sebuah perangkat lunak yang dapat digunakan sebagai media penyajian dan penyampaian informasi. Articulate storyline merupakan salah satu multimedia authoring tools yang bisa digunakan untuk membuat media pembelajaran interaktif dengan konten yang berupa gabungan dari teks, gambar, grafik, suara, animasi, dan video yang membuat media presentasi menjadi lebih menarik.

Untuk membuka aplikasi articulate storyline kita harus menginstall aplikasi adobe flash dilaptop ataupun komputer kita. Articulate storyline sudah mengalami banyak pembaruan. Hingga saat ini versi terbaru dari aplikasi ini yaitu articulate storyline 360. Pada aplikasi articulate storyline 360 ini menambahkan lebih dari 30 fitur baru untuk membuat sebuah media menjadi lebih produktif.

Secara umum, tampilan awal dari aplikasi articulate storyline ini mirip dengan Microsoft Power Point, hal ini membuat aplikasi ini mudah dipelajari. Desain aplikasi articulate storyline sangat menarik, dapat menampilkan berbagai macam gaya teks, grafik, tautan web dan video yang disematkan. Jika kita sudah pernah sebelumnya membuat media dengan Microsoft Powerpoint, maka kita bisa mengimport file tersebut ke dalam aplikasi articulate storyline dan melakukan banyak pembaruan.

Apa saja pembaruan yang bisa kita lakukan? Salah satu diantaranya membuat kuis kedalam file. Kuis yang dibuat bisa dalam banyak bentuk varian seperti kuis bentuk bebas interaktif, seperti, seret dan lepas, pilihan ganda, pasangan yang cocok, jawaban singkat, benar/salah, bank kata, urutan drop-down, respons ganda, dan banyak lagi.

Kelebihan lain dari Aplikasi articulate storyline yaitu hasil publikasi dari aplikasi ini bisa dijalan diberbagai fitur seperti laptop, web browser (file HTML5), Learning Management System (seperti moodle berupa file SCROM) dan smarthphone android (dalam bentuk APK).

Untuk menjalankan hasil publish di android, maka kita harus merubah hasil publikasi dalam bentuk APK melalui aplikasi Web 2 APK Builder. Hasil publish dari aplikasi ini bisa diakses secara online maupun offline oleh pengguna sesuai dengan kebutuhan.

Berdasarkan penjelasan mengenai aplikasi articulate storyline memang cocok digunakan pendidik dalam situasi saat ini. Salah satu bahan ajar yang sudah pernah dikembangkan adalah berupa buku elektronik (e-book).

Halaman:

*Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Fisika UNP

Bagikan:
Muhammad Fadli.
Ketua Pusat Studi Humaniora Universitas Andalas

Fenomena Politik Keluarga dan Tantangan Demokrasi Kita

Opini - 08 Maret 2024

Oleh: Dr Hary Efendi Iskandar

Dr. Hary Efendi Iskandar

Benarkah Gerakan Kampus Partisan

Opini - 27 Februari 2024

Oleh: Dr. Hary Efendi Iskandar

Nadia Maharani.

Kejahatan Berbahasa di Dirty Vote

Opini - 13 Februari 2024

Oleh: Nadia Maharani

Zulfadhli Muchtar

Adaptasi Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Bagi UMKM

Opini - 31 Januari 2024

Oleh: Zulfadhli Muchtar