Haris Pratama, Kebanggaan Piaman

*Yohanes Wempi

Minggu, 14 November 2021 | Opini
Haris Pratama, Kebanggaan Piaman

Haris Pratama asli orang Piaman, Minangkabau. Ayah kandung asli Tiku, sekarang Kabupaten Agam. Ibu (amak) asli orang Pungung Ladiang, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

Sebelum melantik Bung Angga Azkardha, Ketua DPD KNPI Sumbar priode 2021-2024, Ajo Haris, dua hari menyempatkan diri pulang kampung ke Piaman.

Sosok Haris Pratama merupakan kembangan "kito" orang Sumbar, khususnya urang Piaman. Ada sosok pemuda Minang yang mampu berjaya di tengah pemuda Indonesia, dinobatkan jadi Ketua DPP KNPI oleh mayoritas OKP, DPD KNPI se-Indonesia.

Penulis pikir, tidak banyak atau tidak ada, pemuda asli Piaman yang bisa mengambil posisi penting itu selain Haris Pratama tersebut. Ini perlu diapresiasi dan perlu dijaga serta sama-sama dikawal keberadaan beliau, agar bisa jadi tokoh hebat kedepan di republik ini.

Dalam nilai-nilai filosofi orang Minang, ibarat tanaman, jikok tumbuah di tangah ladang, samo-samo dipupuak, disiangi sampai babuah.

Penulis, selaku senior di KNPI Sumbar, sangat memberikan apresiasi dan menerapkan nilai-nilai filosofi bagaimana Ajo Piaman, Haris Pratama ini bisa disokong sukses dari Sumatra Barat ini untuk Indonesia, bahkan dunia.

Salah satunya adalah seperti yang penulis ungkapkan dalam program Silek Lidah di kanal NagariTV malam kemarin yaitu penulis secara politik harus memilih. Pilihannya adalah mendukung kepengurusan DPD KNPI Sumbar versi Haris Pratama ini di Sumatera Barat, itu langkah kecilnya.

Alhamdulillah, tadi malam Haris Pratama sudah melantik kepengurusan DPD KNPI Sumbar periode 2021-2024 yang ketuanya Angga Azkardha, sebagai Ketua Umum KNPI Sumatera Barat di Hotel Truntum, Padang.

Jika kepengurusan DPD KNPI Sumbar ini eksis, maka pemuda Sumbar sudah memberi apresiasi buat Ajo Piaman, Haris Pratama ini jadi urang hebat di perantauan.

Menokohkan dan membesarkan sosok pemuda Minang itu, ya orang Minang juga. Tidak akan ada orang daerah lain menyokong kesuksesan orang Minang.

Maka, sudah tepat Angga Azkardha lulusan master ilmu politik ini, membesarkan DPD KNPI Sumbar sebagai basis dasar bahwa Haris Pertama didukung orang kampungnya.

Halaman:

*Senior KNPI Sumatera Barat

Bagikan:
Muhammad Fadli.
Ketua Pusat Studi Humaniora Universitas Andalas

Fenomena Politik Keluarga dan Tantangan Demokrasi Kita

Opini - 08 Maret 2024

Oleh: Dr Hary Efendi Iskandar

Dr. Hary Efendi Iskandar

Benarkah Gerakan Kampus Partisan

Opini - 27 Februari 2024

Oleh: Dr. Hary Efendi Iskandar

Nadia Maharani.

Kejahatan Berbahasa di Dirty Vote

Opini - 13 Februari 2024

Oleh: Nadia Maharani

Zulfadhli Muchtar

Adaptasi Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Bagi UMKM

Opini - 31 Januari 2024

Oleh: Zulfadhli Muchtar