Home » Opini

Haris Pratama, Kebanggaan Piaman

Minggu, 2021-11-14 | 18:59 WIB | 42 klik
<p>Haris Pratama, Kebanggaan Piaman<p>

Yohanes Wempi

Senior KNPI Sumatera Barat

Haris Pratama asli orang Piaman, Minangkabau. Ayah kandung asli Tiku, sekarang Kabupaten Agam. Ibu (amak) asli orang Pungung Ladiang, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

Sebelum melantik Bung Angga Azkardha, Ketua DPD KNPI Sumbar priode 2021-2024, Ajo Haris, dua hari menyempatkan diri pulang kampung ke Piaman.

Sosok Haris Pratama merupakan kembangan "kito" orang Sumbar, khususnya urang Piaman. Ada sosok pemuda Minang yang mampu berjaya di tengah pemuda Indonesia, dinobatkan jadi Ketua DPP KNPI oleh mayoritas OKP, DPD KNPI se-Indonesia.


Penulis pikir, tidak banyak atau tidak ada, pemuda asli Piaman yang bisa mengambil posisi penting itu selain Haris Pratama tersebut. Ini perlu diapresiasi dan perlu dijaga serta sama-sama dikawal keberadaan beliau, agar bisa jadi tokoh hebat kedepan di republik ini.

Dalam nilai-nilai filosofi orang Minang, ibarat tanaman, jikok tumbuah di tangah ladang, samo-samo dipupuak, disiangi sampai babuah.

Penulis, selaku senior di KNPI Sumbar, sangat memberikan apresiasi dan menerapkan nilai-nilai filosofi bagaimana Ajo Piaman, Haris Pratama ini bisa disokong sukses dari Sumatra Barat ini untuk Indonesia, bahkan dunia.

Salah satunya adalah seperti yang penulis ungkapkan dalam program Silek Lidah di kanal NagariTV malam kemarin yaitu penulis secara politik harus memilih. Pilihannya adalah mendukung kepengurusan DPD KNPI Sumbar versi Haris Pratama ini di Sumatera Barat, itu langkah kecilnya.

Alhamdulillah, tadi malam Haris Pratama sudah melantik kepengurusan DPD KNPI Sumbar periode 2021-2024 yang ketuanya Angga Azkardha, sebagai Ketua Umum KNPI Sumatera Barat di Hotel Truntum, Padang.

Jika kepengurusan DPD KNPI Sumbar ini eksis, maka pemuda Sumbar sudah memberi apresiasi buat Ajo Piaman, Haris Pratama ini jadi urang hebat di perantauan.

Menokohkan dan membesarkan sosok pemuda Minang itu, ya orang Minang juga. Tidak akan ada orang daerah lain menyokong kesuksesan orang Minang.

Maka, sudah tepat Angga Azkardha lulusan master ilmu politik ini, membesarkan DPD KNPI Sumbar sebagai basis dasar bahwa Haris Pertama didukung orang kampungnya.

Penulis bangga dengan Haris Pratama. Sosok beliau hari ini, masih memperjuangkan idealisme-idealisme pemuda disaat semua kebijakan penguasa sudah berkurang terhadap rakyat.

Selamat, adiak Haris Pratama. Lanjutkan perjuangan untuk membangun negeri ini, seperti nilai-nilai yang didapat dalam organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Penulis yakin, pemuda Sumbar dalam perjalanan waktu, akan ada satu KNPI mendukung urang Piaman. Haris Pratama ini tetap berjaya di Jakarta demi NKRI makmur.

Lanjutkan perjuangan, jangan lupa kampung halaman seperti Buya Hamka cinta ranah Minang. (*)

Komentar

Opini lainnya

<p>Membumikan Peran Ninik Mamak di Ranah Minang Masa Kini<p> Sabtu, 27-11-2021 19:12 WIB

Membumikan Peran Ninik Mamak di Ranah Minang Masa Kini

oleh: Y. Dt. Maruhum
Penghulu di Suku Mandaliko, Jorong Piliang, Nagari Limo Kaum, Tanah Datar
<p>TREND BUDAYA NONGKRONG DI " /> Minggu, 31-10-2021 06:30 WIB

TREND BUDAYA NONGKRONG DI "KEDAI KOPI"

oleh: Silvia Permata Sari SP MP
Dosen Fakultas Pertanian Unand
<p>Hobi jadi Pundi<p> Rabu, 29-09-2021 14:33 WIB

Hobi jadi Pundi

oleh: Dr (Cand) Silvia Permata Sari SP MP
Dosen Fakultas Pertanian Unand
<p>Pemimpin Berkomitmen itu Erman Safar<p> Jumat, 06-08-2021 23:27 WIB

Pemimpin Berkomitmen itu Erman Safar

oleh: Hamriadi SSos ST
Sekretaris JMSI Bukittinggi