Begonia, Si Pembawa Keberuntungan

*Silvia Permata Sari

Selasa, 17 November 2020 | Opini
Begonia, Si Pembawa Keberuntungan

Ada banyak pilihan tanaman cantik yang bisa digunakan menghiasi sudut-sudut ruangan dan taman anda. Harganya pun beragam, tergantung dari keindahan dan kelangkaan tanaman tersebut. Di tahun 2020 ini, selama masa pandemic covid-19 ada beberapa jenis tanaman hias yang banyak diburu para pecinta tanaman di Indonesia. Sebut saja namanya "Begonia" yaitu tanaman hias yang belum lama popuer di Indonesia.

Bentuk daun yang asimetris dan corak polkadot, hidup dan perawatannya yang mudah, ditambah dengan viralnya Bunga ini di dunia maya membuat pecinta tanaman di Indonesia tertarik. Bahkan tanaman ini diyakini dapat membawa keberuntungan jika ditanam di rumah. Begonia ini bisa ditanam di taman, halaman belakang rumah, bahkan di pot gantung.

Begonia merupakan jenis tanaman berbunga yang mekar sepanjang tahun. Tanaman ini berasal dari family Begoniaceae. Umumnya Begonia bisa ditemukan di daerah beriklim subtropik atau tropis lembab, seperti Asia dan Amerika Selatan. Tanaman ini adalah salah satu tanaman hias yang sangat diincar oleh banyak orang karena kecantikannya.

Apakah kamu tertarik berburu tanaman ini? Apalagi tanaman ini merupakan salah satu tanaman buruan kaum hawa di masa Pandemi Covid-19 tahun ini.

Berikut beberapa contoh jenis Si Cantik Begonia:

  • 1. Begonia rex

Tanaman Begonia rex disebut juga dengan "Painted Leaf Begonia". Ini merupakan jenis yang paling dikenal oleh pecinta tanaman hias. Beberapa karakteristik dari tanaman ini adalah daunnya yang diberkati dengan banyak warna serta banyak sekali bentuk pola, dan ukuran yang bisa dipilih.

  • 2. Begonia Rhizomatous

Tanaman Begonia Rhizomatous disebut juga dengan istilah "Begonia non-rex". Banyak disukai orang karena tampilan daunnya yang sangat menarik dan bunga yang besar. Tanaman ini memiliki berbagai jenis ukuran, mulai dari yang kecil hingga besar. Ukuran bunga dari varian Begonia jenis ini bisa menutupi keseluruhan badannya. Begonia "Freddie" adalah varian Begonia Rhizomatous dengan daun yang lebarnya bisa mencapai 1 meter.

  • 3. Begonia Cane

Tanaman Begonia Cane memiliki tampilan yang tidak kalah lebih indah dan unik daripada Begonia rex dan Begonia Rhizomatous. Salah satu daya tarik dari Begonia Cane adalah daunnya yang menyerupai sayap, sehingga jenis Begonia Cane ini dijuluki sebagai "tanaman sayap malaikat". Selain itu, ada juga Begonia Cane yang mempunyai bunga berukuran besar yang mengeluarkan aroma wangi.

Halaman:

*Dosen Fakultas Pertanian Universitas Andalas

Bagikan:
Muhammad Fadli.
Ketua Pusat Studi Humaniora Universitas Andalas

Fenomena Politik Keluarga dan Tantangan Demokrasi Kita

Opini - 08 Maret 2024

Oleh: Dr Hary Efendi Iskandar

Dr. Hary Efendi Iskandar

Benarkah Gerakan Kampus Partisan

Opini - 27 Februari 2024

Oleh: Dr. Hary Efendi Iskandar

Nadia Maharani.

Kejahatan Berbahasa di Dirty Vote

Opini - 13 Februari 2024

Oleh: Nadia Maharani

Zulfadhli Muchtar

Adaptasi Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Bagi UMKM

Opini - 31 Januari 2024

Oleh: Zulfadhli Muchtar