Dosen Elektro Unand Kenalkan Teknologi Berbasis Android ke Jemaah Mushalla Al Faizin

Al Imran | Senin, 08-11-2021 | 22:57 WIB | 30 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Dosen Elektro Unand Kenalkan Teknologi Berbasis Android ke Jemaah Mushalla Al Faizin<p>

Tim pengabdian masyarakat dari dosen KBK Telekomunikasi Jurusan Elektro Universitas Andalas, foto bersama dengan warga dan jemaah Mushalla Al-Faizin Padang.

PADANG (8/11/2021) - Tim pengabdian masyarakat dari dosen KBK Telekomunikasi Jurusan Elektro Universitas Andalas, fasilitasi papan pengumuman berbasis teknologi android bagi jemaah Mushalla Al Faizin, Aie Pacah, Padang.

"Saat ini, jemaah hanya menggunakan papan pengumuman yang bersifat manual, sehingga setiap kali ada informasi yang akan diberitakan, harus dilakukan dengan menghapus berita lama dan kemudian menuliskannya kembali ke papan tulis pengumuman yang telah tersedia," ungkap ketua Pelaksana Tim Pengabdian masyarakat, Baharuddin seputar kegiatan yang digelar 6 November 2021 lalu.

Teknologi komunikasi dan multimedia yang dikenalkan ke pengurus Mushalla Al-Faizin Aie Pacah adalah berbentuk running text dan sounds system. Untuk running text, ditempatkan di Mushalla Al-Faizin, sedangkan sounds sistem diberikan untuk Pondok Tahfidz al Quran Almahira, Aie Pacah.


"Pengurus juga langsung diberi pelatihan tentang tata cara meng-update informasi terbaru ke running text melalui aplikasi di android," ungkap Baharuddin tentang implementasi salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi itu.

Dikatakan Baharuddin, sebelum melakukan pengabdian, tim melakukan survei lebih dulu dengan ketua dan warga masyarakat sekitar Mushalla Al Faizin. Survei ini untuk mengidentifikasi agar pengabdian ini jadi tepat sasaran sesuai kebutuhan masyarakat.

Dikatakan Baharuddin, salah seorang narasumber, Erizon mengungkapkan, mushalla membutuhkan papan pengumuman berbasis teknologi android. Sehingga, setiap saat dapat dilakukan pemutakhiran informasi dengan mudah dan tidak ribet.

Berdasarkan permasalahan tersebut, Tim KBK Telekomunikasi Jurusan Teknik Elektro Unand kemudian memberikan running text berbasis android sekaligus memberikan pelatihan bagaimana cara penggunaan teknologi ini. Mulai dari cara meng-install aplikasi android ke telepon seluler, cara mengganti informasi di papan running text hingga aplikasi tersebut terinstal dengan baik.

"Kami juga mengevaluasi sejauh mana warga dapat memahami dan mengerti cara memperbaharui informasi ini. Kami mendampingi warga di dalam meng-eksplor menu yang ada di dalam aplikasi andorid bahkan dilakukan berkali-kali sampai warga mahir dan lancar," terangnya.

"Kami bersyukur, warga tidak bosan bertanya. Mulai dari update berita sampai mengubah fitur berupa jenis warna serta kecepaan jalannya text," tambah dia.

Dalam pelatihan ini, tim pengabdian juga menyampaikan persoalan krusial dari aplikasi ini yakni baterai CMOS yang ada di running text, suatu saat akan habis. Jika lampu sering padam, juga mengakibatkan cepat habis.

"Jika terjadi, warga tinggal mengganti baterai CMOS yang ada di running text tersebut," jelas Baharuddin yang didampingi anggota, Rudy Fernandez, Hanalde Andre serta Muhammad Luthfi. Juga hadir, Ketua Jurusan sekaligus Kaprodi S2 Teknik Elektro Unand, Muhammad Ilhamdi Ryusdi.

"Jika ada masalah dengan running text nantinya, juga bisa menghubungi Tim KBK Telkom Jurusan Teknik Elektro Unand," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Mushalla Al-Faizin Aie Pacah, Erizon mengucapkan terima kasih atas pengabdian yang dilakukan. Selama proses, ungkap dia, tim pengabdian juga berbaur erat dengan jemaah Mushalla Al-Faizin Aie Pacah.

"Tim dosen KBK Telekomunikasi tak hanya memberikan alat melainkan juga memberikan edukasi terkait pemanfaatan teknologi berbasis android yang diberikan," ujar Erizon sembari berharap, pengabdian ini terus berlanjut di tahun selanjutnya.

Usai pemasangan, juga dilakukan dialog dengan warga dan jemaah yang dipandu anggota tim pengabdian, Rizki. Sejumlah ide dilontarkan warga setelah mendengarkan pemaparan dari tim dosen KBK Telekomunikasi Teknik Elektro Unand tersebut.

"Kami menyampaikan pada pengurus Mushalla Al-Faizin, bahwa kami sangat terbuka dan siap membantu jika ada masalah dengan alat ini. Tim KBK Telekomunikasi siap di telepon kapan saja. Alhamdulillah warga dan jemaah Mushalla Al-Faizin antusias dengan pelatihan ini," terangnya.

Sementara, Ketua Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Unand, Muhammad Ilhamdi Ryusdi mengapresiasi pengabdian masyarakat yang dilakukan Tim KBK Telekomunikasi. "Semoga, alat dan ilmu yang diberikan, memberikan manfaat besar bagi warga di lokasi pengabdian," harap dia. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar