Dosen Elektro Unand Kenalkan Teknologi Berbasis Android ke Jemaah Mushalla Al Faizin

Senin, 08 November 2021, 22:57 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Dosen Elektro Unand Kenalkan Teknologi Berbasis Android ke Jemaah Mushalla Al Faizin
Tim pengabdian masyarakat dari dosen KBK Telekomunikasi Jurusan Elektro Universitas Andalas, foto bersama dengan warga dan jemaah Mushalla Al-Faizin Padang.

PADANG (8/11/2021) - Tim pengabdian masyarakat dari dosen KBK Telekomunikasi Jurusan Elektro Universitas Andalas, fasilitasi papan pengumuman berbasis teknologi android bagi jemaah Mushalla Al Faizin, Aie Pacah, Padang.

"Saat ini, jemaah hanya menggunakan papan pengumuman yang bersifat manual, sehingga setiap kali ada informasi yang akan diberitakan, harus dilakukan dengan menghapus berita lama dan kemudian menuliskannya kembali ke papan tulis pengumuman yang telah tersedia," ungkap ketua Pelaksana Tim Pengabdian masyarakat, Baharuddin seputar kegiatan yang digelar 6 November 2021 lalu.

Teknologi komunikasi dan multimedia yang dikenalkan ke pengurus Mushalla Al-Faizin Aie Pacah adalah berbentuk running text dan sounds system. Untuk running text, ditempatkan di Mushalla Al-Faizin, sedangkan sounds sistem diberikan untuk Pondok Tahfidz al Quran Almahira, Aie Pacah.

"Pengurus juga langsung diberi pelatihan tentang tata cara meng-update informasi terbaru ke running text melalui aplikasi di android," ungkap Baharuddin tentang implementasi salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi itu.

Baca juga: Dosen IPDN Dampingi Peningkatan SDM BUMDESMA Tanjung Mutiara

Dikatakan Baharuddin, sebelum melakukan pengabdian, tim melakukan survei lebih dulu dengan ketua dan warga masyarakat sekitar Mushalla Al Faizin. Survei ini untuk mengidentifikasi agar pengabdian ini jadi tepat sasaran sesuai kebutuhan masyarakat.

Dikatakan Baharuddin, salah seorang narasumber, Erizon mengungkapkan, mushalla membutuhkan papan pengumuman berbasis teknologi android. Sehingga, setiap saat dapat dilakukan pemutakhiran informasi dengan mudah dan tidak ribet.

Berdasarkan permasalahan tersebut, Tim KBK Telekomunikasi Jurusan Teknik Elektro Unand kemudian memberikan running text berbasis android sekaligus memberikan pelatihan bagaimana cara penggunaan teknologi ini. Mulai dari cara meng-install aplikasi android ke telepon seluler, cara mengganti informasi di papan running text hingga aplikasi tersebut terinstal dengan baik.

"Kami juga mengevaluasi sejauh mana warga dapat memahami dan mengerti cara memperbaharui informasi ini. Kami mendampingi warga di dalam meng-eksplor menu yang ada di dalam aplikasi andorid bahkan dilakukan berkali-kali sampai warga mahir dan lancar," terangnya.

Baca juga: Pengabdian Masyarakat Dosen FEB UNP, 31 Guru Dilatih Penyusunan Laporan Keuangan Sesuai SAK ETAP

"Kami bersyukur, warga tidak bosan bertanya. Mulai dari update berita sampai mengubah fitur berupa jenis warna serta kecepaan jalannya text," tambah dia.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: